Kamis, 06 Juni 2013

Liburan Semester Dua



Liburan Semester Dua

Liburan 2 bulan itu enaknya ngapain ya ? mau kemana ya ? 

           Hal itu yang pertama kali terlintas dipikiran saya pada awal liburan semester 2 yang lalu. Di samping itu, ada teman sebaya saya yang baru lulus SMA dan bercerita  ingin mencari pekerjaan. “Wah, kenapa tidak terfikir oleh saya untuk bekerja ya ?”, ucap saya dalam hati. Saat itu pekerjaan yang pertama tertuju yaitu menjadi Sales Promotion Girl (SPG) atau menjadi Waitress di restoran. Akhirnya saya memutuskan untuk mencoba mengirimkan surat lamaran pekerjaan ke beberapa department strore dan ke restoran-restoran.
           Alhasil beberapa hari kemudian ada dua panggilan yang pertama ke disalah satu pusat perbelanjaan yang terletak di daerah Perumnas, Klender dan yang kedua dari sebuah restoran di pusat perbelanjaan Rawamangun. Tetapi untuk yang di Perumnas, saya tidak perlu menjalankan tes karena memang sedang membutuhkan banyak pegawai yang saat itu untuk mengantisipasi moment lebaran. Jawabannya sudah pasti bahwa saya memilih panggilan tersebut disamping lokasinya lebih terjangkau dari tempat tinggal saya.
           Awal-awal pertama kerja rasanya masih risih dan canggung karena belum terbiasa memakai high-heels dan juga make-up yang cukup tebal. Untuk menjadi seorang SPG/SPB harus mengetahui knowledge dari produk yang dijualnya. Selain itu tata cara menawarkan dan melayani pelanggan juga harus dipahami betul sesuai dengan aturan yang berlaku di tempat tersebut. Produk yang saya jual saat itu adalah brand untuk pakaian remaja pria yang baru membuka lapaknya di dept. store itu. .Di dalam department store tersebut ada istilah “Misteri Shopper”. Misteri Shopper adalah orang dari pihak dept. store yang berpura-pura menjadi pelanggan untuk melihat bagaimana kinerja para pegawainya ketika di lapangan. Jadi tetap ada pengontrolan untuk meningkatkan kinerja mereka. Hal-hal yang menyenangkan saat bekerja disana adalah saat penjualan kita mencapai target, bertambah pengalamannya dan tentu saja menambah teman sedangkan hal yang tidak menyenangkan yaitu saat harus di hari raya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar