Jumat, 07 Juni 2013

Industri Kecil Rumah Tangga



Industri Kecil Rumah Tangga

Akram Media adalah sebuah industri kecil rumah tangga yang terletak di lingkungan tempat tinggal saya.  Sebuah percetakan buku yang pekerjanya lebih dominan dengan ibu-ibu rumah tangga. Produksinya mulai dari mencetak lembar demi lembar halaman sampai proses terakhir menjadi buku. Selain memproduksi sendiri,  Akram Media juga mendapatkan orderan dari percetakan lain yang hanya berupa tumpukan lembaran (sudah berupa cetakan) untuk di proses menjadi buku di sana.
Kegiatan ini sangat dimanfaatkan oleh ibu-ibu yang notabennya memang hanya ibu rumah tangga saja. “Alhamdulillah, walaupun tidak tentu  tetapi lumayan untuk mengisi waktu senggang”, ujar Ibu Cici. Selain itu dengan adanya percetakan Akram Media diharapkan dapat membantu perekonomian warga sekitar. Sampai saat ini pegawai Akram Media kurang lebih 25 orang.
Menurut Bapak Sugiono (pemilik usaha tersebut), lahan adalah salah satu kendala saat orderan sedang banyak. “Saya hanya memanfaatkan teras kecil di depan rumah dan juga satu buah kontrakkan sebagai gudang”, ujar Bapak Sugiono. Jika sudah tidak bisa tertampung, biasanya barang di titipkan di beberapa rumah pegawainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar