Rabu, 02 Juli 2014

Tulisan 1 (Etika dan Profesionalisme TSI) #bulan keempat

Sumber :

Pengertian Sistem Informasi
Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.

Pengertian Teknologi Informasi
Pengertian Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999). Semua bidang membutuhkan teknologi informasi, baik hukum, ekonomi, perbankan, kesehatan, dll.

Jadi, teknologi system informasi adalah suatu system yang diciptakan untuk memenuhi informasi bagi kebutuhan manusia, yang biasanya digunakan pada kegiatan perkantoran. Dalam pembuatan teknologi system informasi dibutuhkan biaya khusus yang dikeluarkan untuk kebutuhan pembuatan system serta pemeliharaan system.

Biaya Sistem Informasi
Biaya informasi sistem informasi dapat diuraikan sebagai berikut :
  1. Biaya perangkat keras
Biaya ini biasanya merupakan biaya tetap atau biaya tertanam, dan akan meningkat untuk tingkat-tingkat mekanisasi yang lebih tinggi
  1. Biaya untuk analisis, perencanaan, dan pelaksanaan sistem
Biaya ini merupakan biaya tertanam, dan biasanya akan meningkat sesuai dengan tingkat mekanisasi yang lebih tinggi. Fungsi ini meliputi perumusan suatu metodologi untuk prosedur-prosedur pengolahan data secara keseluruhan. Apabila menggunakan metode komputer, hal ini juga akan meliputi persiapan pembuatan program-program.
  1. Biaya untuk tempat dan faktor-faktor kontrol lingkungan
Biaya ini setengah berubah-ubah (semivariabel). Contoh mengenai biaya ini adalah biaya untuk luas lantai, alat pendingin, dan keamanan. Biasanya biaya ini meningkat sesuai dengan tingkat mekanisasi yang lebih tinggi.
  1. Biaya perubahan
Biaya ini merupakan biaya tertanam dan meliputi setiap jenis perubahan dari satu metode ke metode yang lain, misalnya metode elektromekanis ke metode komputer.
  1. Biaya operasi
Biaya ini pada dasarnya merupakan biaya variabel dan meliputi biaya bermacm-macam pegawai, pemeliharaan fasilitas dan sistem, perlengkapan, barang-barang yang berguna, dan fasilitas bantuan.
Biaya bukanlah satu-satunya pertimbangan, tetapi ini merupakan suatu pertimbangan yang sangat penting.

STUDI KASUS
Latar Belakang
PT. IWAN CAHAYA SENTOSA adalah salah satu produsen sekaligus distributor utama pakan ikan hias NUIKMACTdi Indonesia, yang bertujuan memberikan kontribusi bagi perkembangan ikan hias di Indonesia pada khususnya dan di dunia pada umumnya. Dengan semakin meluasnya daerah pemasaran dan permintaan yang semakin bertambah, maka dibutuhkan Sistem Informasi yang dapat membantu/memperlancar proses penjualan mulai dari menerima order sampai menyiapkan faktur untuk pembeli/agen.

Estimasi Anggaran dan Analisis Keuangan
Untuk membangun Sistem Informasi berbasis komputer, pemilik PT. IWAN CAHAYA SENTOSA menganggarkan biaya sebesar Rp. 19,000,000,- (hanya untuk Sistem Informasi) yang pengerjaannya dilakukan oleh “Pengembang Software” sebagai “out-sourcing” (tenaga lepas)  sedangkan pembayaran personil dari Pengembang Software diserahkan sepenuhnya kepada Manajer Proyek. Sedangkan estimasi anggaran secara keseluruhan adalah Rp. 29,000,000,- dengan rincian sebagai berikut :



Estimasi Jadwal
Proyek pengembangan Sistem Informasi berbasis komputer yang direncanakan selama 4 bulan ditambah 2 bulan waktu pemeliharaan sistem. Jika pada saat proyek sedang berjalan terdapat perubahan/penambahan modul maka akan dimasukkan kedalam proyek baru (proposal baru) dan dikerjakan setelah proyek awal selesai dikerjakan dan diimplementasikan. Berikut Estimasi Jadwal secara garis besar :
Persiapan Projek : 1 Minggu
Analisa Data dan Proses : 2 Minggu 
Peracangan (Data, Proses, Interface dll) : 2 Minggu 
Mempresentasikan hasil rancangan (berikut perubahan) : 1 Minggu 
Programming dan Testing : 8 Minggu 
Implementasi : 2 Minggu 
Pemeliharaan : 8 Minggu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar