Sabtu, 06 Oktober 2012

Bahasa Sebagai Alat Untuk Mencari Kerja

Bahasa Sebagai Alat Untuk Mencari Kerja

Bahasa merupakan alat berkomunikasi untuk menyampaikan keinginan atau maksud kita kepada orang lain (lawan bicara) yang dapat diwujudkan melalui lisan, tulisan maupun gerakan tubuh. Sebagai makhluk sosial, manusia yang selalu hidup bermasyarakat memerlukan bahasa. Salah satunya bahasa digunakan sebagai alat untuk mencari kerja.
Dalam wujud tulisan, bahasa diaplikasikan dalam bentuk surat lamaran maupun CV (Curriculum Vitae). Bagi pencari kerja, CV berfungsi sebagai alat untuk mempromosikan diri layaknya brosur. Oleh karena itu, tata bahasa, penulisan, kebersihan, kerapian, kesederhanaan, keakuratan,  kejujuran. dan kesistematisan dalam tata letaknya harus diperhatikan agar CV terlihat menarik. Selain faktor-faktor tersebut, yang terpenting adalah pengalaman atau keterampilan yang dimiliki oleh si pelamar. Isinya juga harus fokus pada kualifikasi dan skill  yang dimiliki. Gunakan bahasa yang jelas dan tidak bertele-tele.
Sedangkan dalam wujud lisan dan gerakan (bahasa tubuh), bahasa diaplikasikan dalam sebuah wawancara kerja. Wawancara kerja dilakukan dengan maksud untuk mengenal lebih dalam keterampilan teknis dari si pelamar, selain itu juga ingin mengenal kepribadian pelamar, atau mengetahui kemampuan pelamar dalam menangani berbagai masalah.
Pada saat Anda berbicara, penggunaan bahasa yang baik sangat diperlukan. Bahasa yang dipakai yaitu bahasa yang bersifat formal. Ketika pewawancara mulai memberikan beberapa pertanyaan, jawablah dengan baik. Perhatikan intonasi, volume, dan artikulasi suara. Bicaralah dengan jelas, atur nada suara, dan tunjukkan kemampuan diri Anda dengan percaya diri. Dukunglah jawaban-jawaban Anda dengan bahasa tubuh, contohnya kontak mata. Tunjukkan bahwa Anda orang yang optimis, jujur, pekerja keras, tekun dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar